3 Trik Rahasia Pemenang Kompetisi Desain Logo

Kompetisi desain logo kerap diadakan, baik bertujuan untuk kontes semata maupun untuk pembuatan logo resmi suatu instansi. Banyak desainer berlomba-lomba untuk memenangkan hadiah menarik yang dijanjikan. Selain itu, prestasi yang diraih juga bisa memperkuat CV dan portofolio sebagai seorang desainer.

Hasil karya desainer pun disajikan dalam berbagai format. Mulai dari gambar bitmap (JPEG/PNG), gambar vektor (CDR/AI), maupun video animasi. Untuk opsi terakhir, Anda bisa mempelajari cara membuat video animasi terlebih dahulu. Sebagaimana layaknya kompetisi pada umumnya, desain logo pun diikuti oleh ratusan hingga ribuan peserta. Untuk memperbesar persentase kemenangan, ikuti tips-tips berikut ini.

 

Cara Menang Kompetisi Desain Logo

 

  • Luangkan Banyak Waktu untuk Riset

Setelah mendapatkan informasi tentang kompetisi desain logo, jangan langsung membuka aplikasi dan memulai project. Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan para peserta kontes adalah terburu-buru dalam membuat desain. Sebaliknya, para pemenang bersikap lebih tenang dan mengatur waktu secara lebih fleksibel.

Alih-alih langsung mulai mendesain, akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan riset. Berdasarkan brief yang diberikan, carilah inspirasi dari berbagai sumber tentang jenis logo yang dipersyaratkan. Perhatikan kualitas karya desain logo yang menjadi pemenang di periode sebelumnya. Pada tahap ini, tugas Anda adalah mencari referensi sebanyak dan selengkap mungkin.

 

  • Brief + Kreativitas

Kompetisi desain logo selalu menyertakan brief rinci sebagai acuan bagi para peserta. Brief ini berisi kriteria desain yang ditentukan oleh penyelenggara. Agar desain Anda mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menang, baca brief dengan teliti dan buat desain sesuai kriteria juri.

Tapi bukan berarti Anda harus terpaku sepenuhnya pada brief. Coba Anda pikirkan, dengan brief yang begitu ketat, sebagian besar logo yang diajukan akan tampak mirip dan serupa. Anda harus tetap menonjol untuk mendapat perhatian dan menyingkirkan kompetitor yang biasa-biasa saja. Caranya: Improvisasi dengan ide dan kreativitas Anda sendiri, sejauh tidak menyimpang dari brief awal.

 

  • Tunggu Sampai Hari Terakhir

Mekanisme kompetisi desain logo tidaklah sama dengan lomba cerdas cermat. Kecepatan tidak terlalu penting di sini. Banyak desainer yang berusaha keras untuk mendesain secepat mungkin agar menjadi yang paling awal mengirimkan karya. Padahal, cara ini justru bisa merugikan peserta itu sendiri.

Daripada menjadi pengirim pertama, lebih baik Anda menyiapkan desain siap kirim dan menyimpannya sampai hari terakhir, Anda akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk membandingkan desain Anda dengan para kompetitor. Komentar dan catatan penyelenggara pun bisa merubah brief, jadi sia-sia saja mengirim desain paling awal. Tunggu sampai hari terakhir, lihat kompetitor Anda, lakukan revisi seperlunya, lalu kirimkan dengan percaya diri.

 

Menjadi Pemenang Kompetisi Desain Logo

Semua peserta pasti berharap untuk menjadi pemenang, meskipun hanya beberapa orang saja yang sukses memikat dewan juri. Banyak hal-hal tak terduga yang bisa terjadi selama kompetisi, jadi bersiaplah untuk beradaptasi dan berimprovisasi dengan cepat. Cari inspirasi sebanyak mungkin, buat desain terbaik dengan rumus brief + kreativitas, dan revisi desain Anda sampai hari terakhir. Dengan cara itulah Anda bisa memenangkan kompetisi desain logo.