Apa itu Dark Web dan Kontennya?

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata dark web? Website seram, mengerikan atau website berwarna hitam? Dari namanya saja, mungkin Anda sudah tahu apa itu dark web.

Namun, tahukah Anda apa yang ada di dark web? Untuk tahu lebih jelas tentang apa itu dark web, simak informasi berikut.

Pengertian Dark Web

Jika Anda menganggap bahwa deep web adalah dark web, maka Anda salah. Ini karena deep web dan dark web itu berbeda.

Apa itu Dark Web dan Kontennya?
Apa itu Dark Web dan Kontennya?

Dalam dunia world wide web, dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Di paling atas ada surface web. Di bagian ini, media sosial, marketplace hingga website nonton film bisa ditemukan.
  2. Di pertengahan ada deep web. Bagian ini berisi website dengan konten penting, misalnya dokumen rahasia negara.
  3. Paling dalam bernama dark web. Isi atau kontennya ada bermacam-macam. Mulai dari konten pembunuhan, penjualan barang illegal, human trafficking hingga konten tentang seks.

Tidak semua orang bisa mengakses dark web karena mesin pencari tidak bisa menjangkau dark web. Untuk mengakses dark web, Anda butuh browser anonym bernama Tor.

Namun, penggunaan Tor tidak akan menjamin keamanan Anda saat mengakses dark web. Anda butuh VPN untuk menyamarkan posisi Anda agar tidak diretas dan dilacak. Ketika Anda terlacak, bisa jadi data diri Anda akan diambil dan dipergunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun begitu, dark web dianggap sebagai ‘tempat’ rahasia yang aman oleh para user anonym-nya. Ini karena pada situs di dark web, umumnya dilengkapi dengan server bernama bulletproof.

Fakta Seputar Dark Web

Dark web umumnya memiliki konten yang negatif. Walaupun begitu, Anda perlu tahu fakta unik seputar dark web berikut ini:

  • Tidak Semua Kejahatan Online Berasal dan Terjadi di Dark Web

Dark web memang memiliki perlindungan yang sangat kuat sehingga tidak mudah untuk ditembus oleh pengguna internet. Namun, kejahatan siber bisa saja terjadi di website yang biasa Anda gunakan.

Dari kejahatan yang dilakukan di surface web inilah, kemudian para penjahat siber seperti hacker menjual datanya di dark web.

  • Mengakses Dark Web Tidak Ilegal

Tidak semua orang mampu mengakses dark web dengan aman. Namun, bukan berarti mengakses dark web itu illegal.

Ini karena pada dasarnya, dark web adalah web yang bisa diakses oleh siapapun. Bedanya hanyalah, tidak semua orang mampu untuk mengakses dark web dengan aman dan terlindung dari virus atau hacker.

Jadi, sebelum mengakses dark web, Anda perlu memberikan perlindungan ekstra tidak hanya pada jaringan tetapi juga pada komputer Anda.

  • Hanya Sebagian Kecil

Jika dibandingkan dengan deep web, dark web hanyalah sebagian kecil dari world wide web. Situsnya hanya sekitar 7-30 ribu saja di dark web.

Walaupun sangat kecil, dark web sangat aman. Jadi apa saja bisa terjadi di dark web. Mulai dari perjanjian rahasia hingga kejahatan siber.

Jadi, apa itu dark web? Dark web adalah bagian terdalam dari world wide web yang sangat susah diakses dan memiliki keamanan sangat tinggi. Kontennya berisi konten terlarang, seperti dokumen yang sangat rahasia hingga kejahatan siber berupa human trafficking.