Tips Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Mau membuat kos-kosan yang sehat? Tunggu dulu! Simak dulu ya tips desain rumah kos-kosan yang sehat berikut ini agar kos yang dibangun tetap nyaman.

  • Perhatikan Budget

Perhatikan dulu budget yang Anda miliki. Kenapa? Karena tanpa budget yang cukup, kos-kosan yang Anda bangun tidak akan maksimal.

Untuk tahu apakah modal yang Anda miliki ini sudah cukup atau tidak, maka Anda perlu konsultasi. Misalnya ke arsitektur atau ke penyedia jasa desain interior rumah.

Jika Anda tetap ingin menggunakan modal tersebut untuk kos-kosan Anda, maka konsultasikan. Kira-kira, desain seperti apa yang cocok dengan budget yang dimiliki.

  • Pondasi Bertingkat

Sebisa mungkin buat kos-kosan dengan pondasi bertingkat. Kenapa? Karena dengan begitu, Anda bisa membuat kamar kos lebih banyak.

Jika Anda hendak membuat pondasi bertingkat, pastikan bahwa Anda menggunakan bahan yang kokoh ya. Agar nantinya kosan lebih aman dan lebih mudah untuk dikembangkan.

  • Pilih Desain Kos-Kosan

Membuat dan memilih desain rumah kos-kosan yang sehat itu tidak mudah. Anda tidak hanya harus memperhatikan bentuk kos-kosannya dan apakah kosan tersebut sehat atau tidak.

Jika tidak, maka Anda tentu tak bisa mengatakannya sebagai kos-kosan sehat. Apalagi, Anda akan membuat taman kecil untuk tempat berteduh, bersantai atau bercocok tanam,

Maka dari itu, dalam hal ini, Anda perlu konsultasi dengan arsitektur yang kompeten untuk membuat kos-kosan sehat impian Anda.

  • Pilih Gaya Minimalis

Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan gaya kontemporer, modern, tradisional atau apapun itu. Namun, sebisa mungkin pilih saja gaya minimalis.

Tips Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat
Tips Desain Rumah Kos Kosan yang Sehat

Kenapa? Karena kos-kosan dengan gaya minimalis memiliki keunggulan berikut:

  1. Biaya yang digunakan lebih hemat.
  2. Perawatan yang lebih mudah dan murah.
  3. Ramah lingkungan.
  4. Lebih mudah untuk dikembangkan.
  • Perhatikan Lokasinya

Tentu Anda tidak ingin hanya sekedar membangun kos-kosan saja bukan? Agar tidak hanya sehat tapi juga aman, maka Anda perlu memperhatikan lokasi kos-kosan akan dibangun.

Pilih area yang strategi, dekat dengan warung makan dan kalau bisa, hindari lokasi yang susah untuk dijangkau menggunakan kendaraan. Kenapa? Karena di tempat yang padat penduduk lebih rawan kebakaran.

(baca: jurusan desain interior)

  • Lengkapi Fasilitas

Saat Anda hendak membuat kos-kosan, Anda juga perlu untuk memperhatikan fasilitas apa saja yang akan diberikan ke penghuni kos.

Apa hanya area terbuka untuk bersantai saja, kamar mandi dalam, dapur atau ditambah dengan AC?

Banyaknya fasilitas yang Anda sediakan ini akan berdampak pada harga sewa kamar. Jadi, Anda perlu memikirkannya dengan cermat agar nanti, penghuni kos dan Anda sebagai pemilik, akan sama-sama untung.

Itulah beberapa tips untuk desain rumah kos-kosan yang sehat. Setelah kos dibangun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kos agar kos-kosan tetap nyaman, aman dan sehat.